Mengusung tema kajian "ke-Islam-an transformatif-moderat" FAI UMSby membentuk Forum Kajian Dosen (FKD) Padhang Wetan (pencerahan dari timur). Forum kultural untuk membangun peradaban ilmu di Indonesia melalui rekonstruksi bahkan dekonstruksi kejumudan dalam pemikiran dan prilaku keberagamaan Islam di Indonesia, yang merupakan bagian dari spirit gerakan pembaharuan Muhammadiyah.

Menurut ketua FKD, Sholikhul Huda: dibentuknya FKD Padhang Wetan guna mendorong upaya rekonstruksi metodologi kajian-kajian ke-Islam-an di UMSby dengan memadukan (integrasi) studi islam klasik dan studi sosial filsafat untuk menjawab problem keagamaan kontemporer (seperti HAM, gender dll).


Lanjut Sholik, FKD Padhang Wetan dilaksanakn setiap bulan minggu ke 2 dengan nara sumber dosen FAI UMSby. Forum ini terbuka untuk umum, sehingga pesertanya tidak hanya dari insan kampus UMSby, tapi  juga berasal masyarakat umum. Hasil dari FKD ini dikumpulkan dan diterbitkan menjadi buku atau jurnal FAI. Kata Sholikhul Huda, M.Fil.I

Posting Komentar