Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (MTT-PWM) Jawa Timur akan melakukan kajian terkait media sosial. Kegiatan Kajian yang dibidani oleh Divisi Tajdid Pemikiran ini, sebagai bentuk respons cepat Majelis Tarjih atas persoalan aktual krusial bangsa.

Menurut Dr Nurhakim (Ketua MTT-PWM Jatim), akhir-akhir ini, jagat media informasi menjadi perhatian banyak pihak, terutama layanan media sosial (medsos) seperti Facebook (FB), Whatsapp (WA) Twitter, Line, Instagram dan lainya. Medsos tidak hanya dijadikan sarana komunikasi antar individu maupun kelompok, tetapi banyak disalahgunakan fungsi dan tujuannya. Salah satunya sebagai media penyebaran berita palsu maupun hoaks. Oleh sebab itu, MTT-PWM Jatim sebagai lembaga ijtihad di Persyarikatan Muhammadiyah tingkat provinsi Jawa Timur memiliki tanggungjawab membuat guiden atau pedoman untuk umat Islam dan warga Muhammadiyah khususnya; ujar beliau.

Pada kegiatan tersebut, tokoh-tokoh yang dijadwalkan hadir sebagai nara sumber adalah Dr M Saad Ibrahim MA (Ketua PWM Jatim), Drs Husnun N Djuraid MSi (pakar Medsos juga Pimred Malang Post), Dr Mohammad Najih SH, M.Hum (ilmuwan dan praktisi hukum pidana), Dr Achmad Zuhdi DH M.Fil.I. (Pakar Hukum Islam juga Ketua Divisi Fatwa MTT-PWM Jatim). Bertindak sebagai closing remark adalah Dr Abdul Mu'thi M Ed (Sekretaris Umum PP Muhammadiyah).

Lebih lanjut Nurhakim menyampaikan; MTT-PWM Jatim menggandeng Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) sebagai penyelenggara kegiatan ini, karena termasuk 6 universitas milik persyarikatan di Jawa Timur yang memiliki fakultas Agama Islam. Tentu, memiliki ilmuwan, cerdik cendikiawan dan ulama yang mumpuni.

Kegiatan akan digelar pada hari Sabtu 28 Januari 2017 mulai pukul 11.00 sampai 17.00 WIB . Bagi yang berkeinginan memperoleh makalah Dr Achmad Zuhdi silahkan download disini . Terima kasih. (admin)
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar